Operasi Amandel

Operasi Amandel – Satu bagian dari tenggorokan yang belum disinggung adalah keempat amandelnya. Satu pasang pertama amandel dapat terlihat di sisi kanan dan kiri bagian belakang rongga mulut tepat di pembukaan tenggorokan. Pasangan amandel inilah yang sering dioperasi. Sepasang yang kedua terdapat di belakang dan dibawah yang pertama dan memiliki ukuran sebesar kacang polong namun dapat menjadi sangat besar.

Operasi Amandel

Operasi Amandel

OPERASI AMANDEL

Operasi amandel adalah salah satu tindakan yang paling sering dilaksanakan. Berbeda dari pemikiran pada dokter yang terdahulu, sekarang cukup banyak bukti ilmia yang menunjukkan bahwa akan timbul lebih banyak masalah saluran pernapasan atas setelah operasi amandel pada anak daripada sebelumnya. Sekarang banyak dokter yang sepakat bahwa pembengkakan yang biasa pada amandel bukan pertanda bahwa amandel tersebut harus hilang.

Sebagian orang tergoda untuk membenci amandelnya karena sering membengkak. Lebih baik merawat dan mengobati amandel yang membengkak daripada membuangnya selagi fungsi amandel itu masih baik. Sebab, sebenarnya amandel adalah bagaikan saringan kuman penyakit yang beredar dalam darah. Kuman yang terbawa oleh aliran darah ke amandel akan terjerat di sana lalu dimakan oleh sel serdadu pemakan kuman. Di samping itu, lendir yang menyelimuti permukaan amandel dan celah-celahnya akan menjerat kuman yang melintasi permukaannya lalu juga mengirimkan sel serdadu untuk memakan kuman tersebut.

Meradang dan membengkaknya amandel hanya berarti bahwa organ tubuh ini telh diserang oleh begitu banyak kuman penyakit sehingga pasukan sel serdadunya tidak lagi mampu memusnahkan sel-sel musuh tersebut. Dokter tahu yang terbiak dalam mengobati penyakit amandel. Akan tetapi tidak salah jika pasien menganjurkan agar amandelnya tidak dioperasi seandainya memang masih bisa diselamatkan.

PENYAKIT AMANDEL

Dengan segala kerumitan mekanisme kerja dan pengontrolannya, kelihatannya begitu banyak masalah yang dapat timbul pada tenggorokan. Walaupun demikian, pada umumnya tenggorokan berfungsi dengan baik sehingga ada saja orang yang jarang menyadari bahwa dia punya tenggorokan. Amandel dikenal sebagai suatu masalah atau bahkan penyakit. padahal amandel adalah sistem pertahanan tubuh manusia di garis depan. Amandel adalah kelenjar kecil yang berada di lokai pintu masuk, yaitu mulut dan kerongkongan manusia. Ada 5 kelenjar amandel yag bertugas mendeteksi dan memusnahkan bakteri yang “nunut” bersama makanan yang kita makan. Kelimanya adalah kelenjar yang meskipun kecil tapi sangat penting untuk menjaga tubuh kita dari intervensi tahap awal bakteri serta kuman penyakit.

Jika kita menyadari hal ini, kemudian muncul masalah amandel yang kita anggap penyakit amandel (ketiak amandel meradang dan bengkak karena bertarung dengan bakteri), dengan bantuan dokter amandel itu kita potong dan buang karena kita dan dokter menganggapnya sebagai benda tidak penting. Jika demikian halnya, sistem pertahanan tubuh garis depan kita punah. Si amandel sebagai pasukan garis depan untuk membunuh bakteri bahkan kita anggap sebagai benda tidak berguna.

INDIKASI OPERASI AMANDEL

Untuk melakukan operasi amandel alternatif, maka dokter tidak akan sembarangan melakukan operasi ini. Ada beberapa alasan operasi amandel yang harus dilakukan. Operasi amandel berdasarkan 2 indikasi dibawah ini :

Indikasi absolut :

  1. Jika mengalami pembengkakan dan juga pembesaran yang sudah menimbulkan adanya suatu obstruksi atau terjadinya suatu hambatan dari jalan nafas berat, gangguan saat menelan makanan yang berat dan menimbulkan masalah susah tidur atau adanya suatu gangguan komplikasi kardiopulmoner atau akibat dari penyebaran infeksi yang terjadi dari bakteri streptokokus.
  2. Adanya suatu peritonsiler abses yang tidak bisa diatasi dengan menggunakan obat atau medikamentosa dan juga draingae atau pengambilan dari cairan pada isi abses.
  3. Tonsilitis atau radang amandel yang bisa menimbulkan suatu kejang demam, atau juga akibat carrier difteri namun saat ini sudah jarang.
  4. Keadaan amandel yang sedemikian rupa yang bisa memerlukan  tindakan dari biopsi untuk menentukan kondisi dari jaringan yang menggunakan pemeriksaan patologi.

Indikasi relatif :

  1. Frekuensi dari terjadinya serangan infeksi tonsil atau amandel terjadi sebanyak 7 kali dalam setahun, 5 kali dalam setahun selama 2 tahun, 3 kali per tahun dan terjadi selama 3 tahun.
  2. Bau mulut dan juga nafas yang kurang sedap yang terjadi secara terus menerus karena kondisi amandel kronis yang tidak mengalami perbaikan dengan cara menggunakan terapi obat.
  3. Radang amandel kronis yang terjadi dengan kambuhan akibat dari serangan bakteri streptokokus yang sudah sangat resisten pada antibiotika betalaktamase.
  4. Adanya suatu pembesaran dari tonsil atau juga satu sisi dengan kecurigaan sebagai sifat neoplastik atau penyakit tumor keganasan.

Namun jika masih ada kemungkinan, maka sebaiknya jangan melakukan operasi pengangkatan amandel. Untuk menghindari diri Anda dari penyakit amandel maka jagalah pola makan Anda dan hindari diri Anda dari penyebab amandel.

Operasi Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Operasi Amandel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.